Mabropedia - Apakah anda pernah mengalami sebuah masalah pada flashdisk anda ataupun hardisk komputer kita terinfeksi sebuah Virus, sehingga data kita yang berupa folder juga ikut hilang dan menjadi sebuah shortcut asja,sangat menyebalkan bukan?. Sejak dulu sampai sekarang, Virus Shortcut yang kerap muncul pada Flashdisk, dan Hardisk atau media penyimpanan lainnya masih menjadi sebuah momok bagi para penggunanya terutama windows.  Virus Shorcut merupakan salah satu virus yang paling sukses di tahun 2011 yang mampu menginfeksi jutaan komputer dalam dekade terakhir, karna virus ini dapat menginfeksi sebuah file berformat DLL serta EXE yang merupakan program atau berupa file system pada windows.
Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Virus Shortcut Pada Flashdisk Dan Hardisk

Virus ini paling sering menginfeksi komputer maupun laptop berwindows xp, tapi terkadang juga mampu menginfeksi komputer windows 7 juga tapi hal ini jarang terjadi.
Sebelum membahas cara untuk menghapus virus shortcut, mari ane beritahu terlebih dahulu 5 ciri-ciri dari virus shortcut itu sendiri diantaranya :
  1. Virus ini akan membuat sebuah file autorun.inf pada setiap drive dan pada setiap folder anda. dan biasanya menginfeksi komputer dari sebuah perangkat flashdisk.
  2. Untuk menjebak seorang korban, virus ini akan membuat file microsoft.ink dan extensi.ink pa da setiap folder drive untuk mengelabuhi korban.dan Jika anda mencoba untuk meng-klik file tersebut maka langsung  saja nantinya akan mengaktifkan virus tersebut.
  3. Setelah menginfeksi pada komputer anda, dia akan membuat  suatu file induk dengan sebuah nama database.mdb yang berada pada folder MyDocuments.
  4. Virus ini akan membuat file berupa thumb.db (note: untuk file thumbs.db pada drive atau folder anda merupakan sebuah file cache dari komputer anda yang asli. Dan Jika thumb.db adalah database dari virus. hati-hati lah bro dengan perbedaan nama yang akan mengelabuhi anda tentunya.)
  5. Periksalah pada Task Manager anda apakah ada file wscript.exe yang sedang berjalan di system anda, jika ada langsung matikan saja, karena dalam keadaan normal tidak ada file wscript.exe tersebut.
Sebenarnya tidaklah sulit untuk mengatasi sebuah virus shortcut ini (tergantung dari mana dan sejauh mana virus tersebut telah menyebar), Hanya saja, terkadang juga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk melakukan sebuah Scanning virus. Sekarang saya ingin membagikan  sebuah tips  untuk cara menghilangkan virus shortcut pada Flashdisk tersebut.

Langkah menghapus dan menghilangkan virus shortcut di flashdisk dengan sebuah cmd

1. Coba Colokan Flashdisk ke Komputer, Lalu kemudian Buka Flashdisk tersebut.    
2. Lalu Kemudian klik "Organize" dan coba klik "Folder and search options"
3. Kemudian Aktifkan "Show hidden files, folders, and drives" dan Uncheck pada "Hide protected operating system files (Recommended)". Jika nantinya muncul notice seperti dibawah, Klik saja "Yes"
Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Virus Shortcut Pada Flashdisk Dan Hardisk
4. Biasanya kalau sampai sini folder yang disembunyikan oleh virus tersebut akan kembali muncul. Hanya saja cuma masih berstatus semi-hidden.    
5. Untuk menormalkannya kembali, coba sajabuka CMD (Command Prompt), kalau sudah terbuka, dan tentukan lokasi dimana Flashdisk berada, misal: Drive H, berarti ketik H:    
6. Selanjutnya,coba ketikan attrib -s -r -h /s /d pada CMD, seperti gambar di bawah. lalu tekan Enter
Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Virus Shortcut Pada Flashdisk Dan Hardisk
Sekarang cek Flashdisk kalian bro, Apakah semua folder tadi sudah kembali normal lagi. Jika sudah, coba hapus folder yang menurut kamu aneh dan tidak jelas tersebut.
Dari pengamalan pribadi ane ya bro cara terbaik untuk menghilangkan virus shortcut  tersebut pada flashdisk dan hardisk adalah dengan menggunakan sebuah Antivirus Smadav, dan dijamin tidak akan muncul lagi dan bersih.dan jangan lupa baca juga : cara-menghapus-folder-autoruninf-yang-dilindungi-dan-di-proteksi
loading...

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Virus Shortcut Pada Flashdisk Dan Hardisk"